Rabu, 21 Maret 2012

MENDESAIN BLOG YANG SEO FRIENDLY AGAR BERPANGKAT BAGUS DI GOOGLE

Blogging adalah jantung yang memompa darah situs. Rutinitas menerbitkan artikel bermanfaat jauh lebih banyak memberi nilai dari pada tampilan halaman. Ngeblog adalah bagaimana kita menuangkan apa yang ada di benak dan dalam kepala kita, menyediakan gerbang masuk untuk bangunan komunitas kita, bertindak sebagai pusat segala sesuatu yang terkait dengan keberadaan kita di dunia online dan memfasilitasi komunikasi dengan seluruh masyarakat online.

Dan bila blogging dilakukan dengan benar, ia menjadi sebuah cara pemasaran yang efektif.

Blogpulse melaporkan bahwa ada lebih dari 165 juta blog yang teridentifikasi di internet, itu artinya sangat sedikit blog yang "dikelola dengan benar." 

Artikel ini tidak mengajak kita berdiskusi lebih jauh tentang blogging. Salah satu yang memberi nilai dari sebuah blog adalah tampilan blog yang menarik. Namun tampilan yang menarik dan indah belum tentu baik untuk tujuan agar blog memiliki peringkat yang bagus di search engine. Disinilah kita perlu menggabungkan keindahan tampilan dan SEO.

Ada banyak blog yang tampil dengan kombinasi diatas, anda mungkin mengetahui banyak darinya karena itu blog-blog tersebut bisa kita jadikan referensi dalam mendesain blog kita agar tampil bagus dan SEO friendly.

Berikut ini beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan dalam mendesain blog agar SEO friendly.

1. Mendesain tampilan.

Desain keseluruhan dari blog kita adalah apa yang pengunjung lihat pertama kali, dan ia sekaligus mempengaruhi pengunjung untuk lebih betah berlama-lama di blog kita.

Desain blog yang terlihat profesional tidak harus berarti akan ada biaya mahal yang harus kita keluarkan untuk memilikinya. Ada banyak template gratisan yang ada di internet, dan kita hanya perlu melakukan sedikit modifikasi agar memenuhi selera kita.

2. Kotak Pencarian.

Ia adalah komponen penting dalam sebuah blog dan setiap situs besar umumnya membuat kotak pencarian artikel. Disamping untuk memberikan kemudahan kepada pengunjung menelusuri beragam artikel dalam blog, juga dapat menjadi sumber data untuk mengetahui apa - apa kata kunci yang pengunjung ketik untuk menemukan artikel di blog kita.

Google Custom Search adalah pilihan utama yang perlu kita pasang di blog kita.

3. Form berlangganan artikel atau RSS feed.

Pengunjung yang mendapatkan informasi yang bermanfaat di situs kita boleh jadi akan terkesan dan besar kemungkinan ia akan kembali secara rutin berkunjung ke blog kita. 

Memasang form berlangganan artikel gratis blog kita memberi cara mudah pengunjung untuk selalu mengetahui setiap artikel yang kita terbitkan di blog kita.

RSS feed tidak hanya mendorong kunjungan berulang, tetapi pengunjung kemungkinan menjadi konverter terbaik kita, pemasar branding kita, dan pembuat link menuju situs blog kita.

4. Navigasi

Memiliki struktur navigasi yang sederhana memberikan kemudahan kepada pengunjung mengeksplorasi isi blog kita.

Upayakan untuk membuat arsitektur situs dengan meminimalkan jumlah "klik" yang dibutuhkan untuk mencapai konten blog kita.

Jangan terlalu banyak menampilkan menu yang malahan akan membuat pengunjung bingung menentukan pilhan apa yang harus di klik.

5. Image

Akan lebih baik menampilkan image karya sendiri dan bila ia dijadikan sebuah link menuju situs orang lain, buat ia sebagai link nofollow. Dan penting juga untuk membuat alt teks yang terkait dengan image yang dijadikan link dofollow. 

Buat image dengan ukuran byte sekecil mungkin dengan tampilan gambar yang terang dan tajam. Gambar yang tajam dan menarik mengundang klik pengunjung.


6. Buatlah tinggi home page situs sependek mungkin.

StatCounter melaporkan bahwa tinggi rata-rata browser adalah 768 pixel. Dengan menempatkan konten dibawah angka tersebut kita memastikan pengunjung melihat keseluruhan home page blog kita tanpa harus menggulirkan roda mouse lebih ke bawah, dan ini memberikan kemudahan mesin pencari menjelajah konten blog kita.

Banyak ahli SEO berfikir bahwa Google kurang memberikan apresiasi konten yang berada di bagian lebih bawah halaman.

Kita bisa menguji apakah home page blog kita berada di atas ketinggian 768 piksel menggunakan alat dari Google Labs.

7. Buat link menuju Konten Terbaik kita.

Banyak orang menulis posting blog yang bagus dan bermanfaat, kemudian lupa membuatkan link menuju artikel tersebut di posting-posting berikutnya. Akhirnya peringkat artikel posting tersebut jatuh di halaman hasil pencarian search engine.

Cara terbaik adalah dengan menempatkan link menuju artikel tersebut dalam tubuh teks artikel kita bila ia relevan. Cara-cara lainnya adalah seperti:

Membuat widget artikel populer.
Menampilkan list Kategori artikel 
Membuat list Kategori Halaman

8. Jangan membuat link secara berlebihan.

Membuat link di halaman blog sangat bagus, tetapi terlalu banyak link dapat menyebabkan masalah pada penjelajahan robot search engine. Tanpa PageRank yang cukup, Google hanya menjelajah link per halaman. 

Namun batasi 100 link dalam sebuah halaman baik ia ditempatkan di tubuh artikel, sidebar, footer, header.

Jika kita memiliki terlalu banyak link, misalnya terbanyak di tempatkan dalam tubuh teks. Ini akan membuat robot search engine bekerja lebih berat, dan mesin pencari dapat merendahkan nilai link yang ditemukan di sidebar, header dan footer.

9. Perhatikan Space Iklan di blog kita.

Menurut Seomoz salah satu temuan paling menarik dari Faktor yang mempengaruhi Peringkat tahun 2011 adalah korelasi negatif antara metrik peringkat dan Google AdSense. Hal ini sendiri tidak membuktikan bahwa ruang iklan akan menurunkan peringkat blog atau website kita, tetapi fakta nya adalah bahwa sejumlah besar situs yang terkena penurunan peringkat akibat update Google Panda baru-baru ini memiliki sejumlah besar iklan yang berlebihan, dan itu menunjukkan memasang iklan Adsense berlebihan akan berpotensi merusak peringkat blog kita.

Memasang iklan di blog kita didorong oleh keinginan menguangkan konten situs kita. Namun, jangan sampai banyaknya iklan malah menjadikan artikel posting kita menjadi tenggelam dilautan iklan.

10. Mendorong pengunjung memberikan Komentar.

Konten yang dihiasi banyak komentar pengunjung tidak hanya membantu kita untuk memperkaya kata kunci yang ditempatkan di artikel kita, tapi juga website dengan banyak interaksi dengan pengunjung cenderung berperforma lebih baik di mesin pencari.

Sebuah blog tanpa komentar hanya akan menjadikan sang blogger kesepian.

11. Memasang tombol Berbagi

Saat ini pengguna facebook aktif mencapai lebih dari 650 juta, dan dalam satu hari jutaan dari mereka melakukan berbagi konten digital baik berupa photo, video, posting blog dan berita. Persentase berbagi konten di internet kian hari kian meningkat. 

Uji lokasi yang berbeda pada blog kita untuk menemukan di mana tombol berbagi paling baik ditempatkan. Kita bisa memasang tombol berbagi konten seperti tombol facebook like, share to facebook, Google +1, share to twitter, dsb.

12. Test kecepatan loading blog.

Tidak ada yang lebih buruk dari sebuah blog yang lambat loading. Waktu loading halaman tidak hanya mempengaruhi kenyamanan pengunjung, tapi situs yang lambat loading akan menurun peringkat tampilannya di halaman search engine.

Pastikan kita optimalkan kecepatan loading blog kita dengan hanya menampilkan widget atau gambar yang sangat perlu saja.

13. Problem jelajah robot search engine dan validasi.

Setelah situs kita terbangun dalama waktu yang cukup lama, boleh jadi akan ada banyak error yang terjadi dalam konstruksi blog kita secara keseluruhan.

Sebagus apapun kita mendesain blog, selalu ada masalah dalam proses pengembangan blog kita seperti link yang rusak, pengalihan yang tidak benar, judul yang hilang, halaman atau file diblokir oleh robots.txt, dll.

Gunakan alat gratis seperti Xenu Sleuth link atau aplikasi berbayar seperti Aplikasi dari SEOmoz untuk memeriksa masalah SEO secara umum. Pastikan untuk menguji situs kita dengan browser yang berbeda menggunakan layanan seperti Adobe atau Lab Browser Browser Shots.

14. Pilih software, hosting, domain yang baik dan bagus.

Baik dan bagus disini tergantung dengan apa yang kita butuhkan dan mendukung tujuan jangka panjang kita.

Ada banyak sekali pendapat tentang perbedaan, kelebihan dan kekurangan antara beragam software blog seperti blogspot, wordpress dsb.

Namun semuanya tergantung kebutuhan jangka panjang kita. Sebagai gambaran, Ingat nasib domain .co.cc dibuang dari daftar index google. Pembuangan yang berakibat pada turunnya jumlah kunjungan banyak blog populer di Indonesia ini.

Kejadian tersebut menurut banyak pendapat orang menyiratkan bahwa tidak tertutup kemungkinan baik search engine google, yahoo, bing nantinya akan cenderung berpihak pada kepentingan bisnis mereka masing-masing, dengan mengabaikan etika persaingan yang sehat.

Karena itu bila ingin bersahabat dengan mesin pencari google sebaiknya pastikan semua yang terkait dengan situs kita google friendly baik untuk saat ini dan di waktu mendatang. Begitu pula untuk search engine lain.


Read more: W http://dark-dev1lz.blogspot.com/2012/03/mendesain-blog-yang-seo-friendly-agar.html#ixzz1pksuTsa5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar